7 Alasan Mengapa Berkebun Sangat Baik untuk Kesehatan Mental Anda

Permainan menarik Paito Warna SGP 2020 – 2021.

Otak Berkebun

Berkebun sangat bagus untuk kesehatan mental Anda

Tahun ini penuh tantangan mental bagi banyak dari kita. Rasanya seperti suatu hari kita tiba-tiba terbangun karena pandemi global yang menghancurkan, protes yang meliputi negara kita dari pantai ke pantai, dan pengangguran di titik tertinggi sepanjang masa.

Dengan ratusan alasan untuk resah dan stres, Anda mungkin merasa down belakangan ini. Hampir 50 persen orang telah melaporkan efek kesehatan mental yang merugikan akibat COVID-19 saja. Namun, itu tidak harus selalu seperti itu selamanya. Ada banyak cara untuk membangkitkan semangat Anda bahkan selama masa-masa sulit ini. Salah satu cara yang terbukti, beragam, dan fleksibel untuk menghilangkan stres, adalah berkebun.

Bahkan jika Anda menganggap diri Anda dikutuk dengan “ibu jari cokelat”, Anda mungkin menemukan bahwa proses menumbuhkan sesuatu dari bumi tempat Anda tinggal sama bermanfaatnya dengan terapi. Benar-benar tidak ada waktu yang lebih baik untuk melakukan hobi daripada sekarang, dan menghabiskan waktu tenang dengan alam mungkin adalah hal yang Anda butuhkan untuk menjemput saya.

Pada artikel ini, kami akan membahas tujuh cara berkebun dapat meningkatkan kesehatan mental dan rasa bahagia Anda secara keseluruhan. Jadi, siapkan diri Anda dan bersiaplah untuk mendengar bagaimana berkebun dapat menghasilkan kehidupan yang lebih bahagia dan lebih memuaskan.

Stres adalah salah satu emosi negatif manusia yang paling umum dirasakan oleh semua orang di seluruh dunia. Lebih dari 75% orang mengalami stres yang memengaruhi kesehatan fisik mereka. Secara fisik, tubuh Anda mungkin mengalami ketegangan otot, tekanan darah tinggi, masalah pencernaan, atau penyakit lainnya.

Secara mental, stres Anda bisa menyebabkan kecemasan dan depresi. Dengan berinteraksi langsung dengan komponen penting dari berkebun, seperti tanah, sinar matahari, dan alam, tingkat stres Anda kemungkinan besar akan turun. Menghabiskan waktu di taman mengurangi produksi kortisol, hormon yang diproduksi tubuh pada saat stres. Kortisol bertanggung jawab atas pemikiran berlumpur, detak jantung yang meningkat, telapak tangan berkeringat, dan efek samping lain yang kurang diinginkan. Penelitian telah menemukan bahwa berkebun bahkan lebih menghilangkan stres daripada membaca!

Sinar matahari yang Anda terima karena berada di dalam kotak tanaman Anda tidak hanya membantu tingkat stres Anda – ini juga memiliki manfaat lain! Berkebun dapat memperkuat sistem kekebalan Anda, artinya akan lebih mudah melawan infeksi — atau virus yang memengaruhi dunia kita saat ini.

Turun dan mengotori tanah kebun Anda juga menghasilkan jenis yang benar penguat kekebalan. Alih-alih mendapatkan eosinofil, yang memicu reaksi alergi, berkebun akan membantu tubuh Anda memproduksi neutrofil. Sel darah putih ini sudah menjadi bagian dari sistem kekebalan bawaan Anda dan terus bereaksi terhadap penyerang mikroba. Ini adalah jenis pejuang biologis yang Anda inginkan di tubuh Anda, terutama saat ini!

Tanaman Penguat Kekebalan Tubuh

Sementara sistem kekebalan Anda mendapat manfaat dari kotoran, Anda juga dapat menanam tanaman yang merupakan penguat kekebalan alami itu sendiri! Berikut ini beberapa tanaman yang terbukti membuat sistem kekebalan Anda siap untuk melawan:

  • Echinacea: Secara tradisional, ramuan ini digunakan oleh masyarakat adat untuk menyucikan darah! Saat ini, echinacea sangat berguna untuk melawan penyakit pernapasan seperti flu biasa (atau mungkin COVID-19).
  • Elderberry: Peningkatan signifikan dari elderberry terletak pada proanthocyanidins. Antimikroba buah ini telah melawan gejala flu selama berabad-abad!
  • Astragalus: Selain meningkatkan sistem kekebalan Anda, ramuan kacang-kacangan ini terutama untuk penyakit jantung dan organ lainnya.
  • Lidah buaya: Lidah buaya adalah salah satu tanaman populer yang digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itu dikemas penuh dengan polisakarida dan sifat anti-inflamasi.

Meskipun berkebun belum tentu membuat Anda siap untuk kompetisi binaraga berikutnya, hal itu pasti akan membuat otot-otot yang lebih kecil di seluruh tubuh Anda mendapatkan latihan yang baik. Bahkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengkualifikasikan hobi tersebut sebagai latihan! Faktanya, hanya 30-45 menit berkebun dapat membakar hingga 300 kalori dan melibatkan semua kelompok otot utama!

Resiko rendah

Berada di dalam ruangan selama berbulan-bulan mungkin memengaruhi jumlah kekuatan yang Anda miliki. Kemungkinannya adalah, otot Anda telah memburuk selama beberapa bulan terakhir karantina jika Anda tidak melakukan aktivitas atau olahraga dalam jumlah yang sama setiap hari. Berkebun menawarkan cara yang murah dan santai untuk kembali ke aktivitas fisik biasa tanpa melukai tubuh Anda. Aktivitas fisik yang dilakukan juga ideal untuk membuat tubuh Anda bergerak kembali karena terbatasnya jumlah gerakan berulang, yang sering kali menyebabkan penyakit seperti tennis elbow. Dan bagian terbaiknya adalah, Anda bisa bersenang-senang sambil melakukannya!

Makan sehat

Berkebun juga mengarah pada kebiasaan makan yang lebih sehat. Karena buah dan sayuran ditanam di tempat Anda sendiri, Anda tidak perlu mempertanyakan jenis pupuk dan pestisida yang bersentuhan dengan makanan Anda. Dengan seluruh kebun buah-buahan dan sayuran pilihan Anda yang dikuratori dan dikelola dengan hati-hati, Anda pasti akan lebih sering menikmati kebaikan bergizi. Berkebun tidak hanya baik untuk tubuh Anda, tetapi juga membantu dompet Anda!

Mungkin sulit untuk hidup di saat Anda terus-menerus mengkhawatirkan masalah yang sedang terjadi di dunia. Dengan terus-menerus membombardir Tweet, Instagram, dan postingan Facebook, mencapai rasa tenang ini menjadi lebih sulit. Berkebun menawarkan pelarian dari semua itu.

Mengerjakan tanaman membuat pikiran Anda tetap fokus pada tugas yang ada (seperti menggali, memangkas, atau menyiangi), bukan pada masalah global yang lebih signifikan yang dihadapi dunia saat ini. Tindakan tunggal untuk tetap hadir memiliki daftar manfaat yang panjang dan panjang, termasuk:

  • Kepuasan hubungan
  • Reaktivitas emosional yang kurang
  • Tidur Lebih Baik
  • Tingkatkan rentang perhatian

Menjemur kulit Anda di bawah sinar matahari memiliki banyak manfaat tersendiri. Efek yang paling penting adalah peningkatan produksi Vitamin D. Sayangnya, pada 2018, 42% orang Amerika yang mengejutkan melaporkan bahwa mereka kekurangan Vitamin D. Ini mengejutkan karena tubuh Anda hanya membutuhkan 10-15 menit sehari di bawah sinar matahari! Dengan waktu yang singkat di bawah sinar matahari, Anda mendapatkan semua manfaat ini:

Vitamin D membantu:

  • Turunkan tekanan darah Anda
  • Lindungi dari peradangan
  • Meningkatkan fungsi otak

Tingkat Rendah Vitamin D dapat menyebabkan:

  • Penyakit jantung
  • Kanker prostat
  • Demensia
  • Kelelahan
  • Perubahan Suasana Hati
  • Depresi

Salah satu penawaran berkebun kualitas unik adalah tujuan hidup yang lebih mendalam. Anda tidak lagi hidup untuk bangun setiap pagi, tetapi Anda memiliki sesuatu untuk dijaga, dipelihara, dan dikembangkan secara maksimal. Hampir segera setelah Anda memulai perjalanan berkebun, Anda akan melihat hasil yang pasti akan memenuhi Anda dengan rasa bangga dan pencapaian. Emosi ini memicu hormon perasaan senang, seperti dopamin dan serotonin, di otak Anda.

Terakhir, berkebun memungkinkan Anda terhubung kembali dengan orang-orang di sekitar Anda dan dunia. Kapan terakhir kali Anda duduk di luar dan merasakan sinar matahari menari di kulit Anda atau merasakan tekstur daun di tangan Anda? Sudah berapa lama sejak Anda melakukan percakapan yang bermakna tentang suatu proyek atau hobi? Berkebun membantu menyatukan komunitas dan orang.

Terhubung dengan Orang

Ketika jarak sosial diperlukan untuk membuat kita tetap aman, penting untuk diingat bahwa kita tidak perlu menghilangkan hubungan sama sekali.

Terhubung dengan Alam

Berkebun menawarkan pengalaman unik untuk terhubung dengan dunia di bawah kaki kita. Sebagai tukang kebun, Anda akan selaras dengan tanah tempat tanaman Anda tumbuh, awan hujan di atas kepala, dan nutrisi yang akan Anda serap dari imbalan lezat Anda. Alih-alih melirik sekilas ke pepohonan saat Anda berkendara ke supermarket, Anda akan memiliki kesempatan untuk lebih dekat dan pribadi dengan kepik yang berparade di tanah dan buah-buahan dari taman pepatah Anda.

Terhubung dengan Diri Anda

Hubungan terakhir yang dapat Anda temukan adalah antara Anda dan diri Anda sendiri. Berkebun bisa menjadi alat meditasi yang berguna, bahkan di ruang kecil dan tertutup. Hobi dapat membuat Anda menerima bahwa Anda tidak dapat mengendalikan segalanya, bahwa segala sesuatunya tidak akan sempurna dalam pengertian tradisional, dan bahwa semua makhluk hidup memiliki tujuan.